7:06 AM

Tips Berpuasa Buat Anak Kost

Mumpung masih awal puasa mau bagi tips berpuasa untuk kalian yang merasa sebagai anak kost. Sebagai anak kost yang suka ngirit uang makan biar masih bisa nyengar-nyengir di mall sambil ngabuburit dan numpang ngadem, itu merupakan suatu hal wajib. Bulan puasa itu ga menjamin kita tetap bisa ngirit uang makan loh, justru pas puasa seperti ini nafsu makan kita bisa berlipat ganda, mungkin sebagai pelampiasan puasa penuh kali yach.
Nah supaya ibadah puasa kita tetap jalan dan juga perekonomian keuangan dompet kita tetap tebal supaya bisa ngabuburit bareng teman, perlu strategi khusus. Puasa membuat nafsu makan kita meningkat, kalo di rumah sendiri masih enak karena begitu berbuka ada sajian makanan yang siap diludes tanpa beban karena gratis. Ini ada sedikit tips nih:
  1. Kalo pengen berbuka puasa tanpa ngeluarin duit, berbukalah di mesjid terdekat. Pasti kita dapat kue gratis, es cendol gratis, teh manis gratis, kurma gratis, pokoknya semua gratis. Tinggal sikat aja, tapi jangan keterlaluan ntar bisa dilarang berbuka di mesjid besoknya.
  2. Setelah puas berbuka di mesjid dan selesai solat magrib. Kalo tade berbuka dengan makanan ringan, saatnya nyari makanan pengganjal perut ampe sahur tiba. Masih pengen yang gratis, gampang tinggal solat Tarawih di tempat bupati/pejabat pemerintah. Dijamin bakal dapat nasi kotak (Sudah teruji oleh saya ^^).
  3. Saatnya kita Sahur, ini caranya dapat makanan sahur gratis. Ikutan Sahur keliling yang diadakan oleh remaja mesjid setempat, biasanya dapat subsidi makanan loh. Sekalian nyari pahala bangunin orang sahur plus dapat makanan pula.
Mungkin itu tiga cara mendapatkan makanan gratis di bulan puasa, dengan ini dijamin keuangan kita tidak akan jebol malahan bisa ga berkurang sepeser pun. Tapi ketiga cara diatas mungkin kurang ampuh kalo kita sendiri pemalu tapi hapuslah rasa malu kalian, anak kos termasuk kaum dhuafa (itu kalo saya, hehehe..). Tapi berbahagialah kalian anak kos yang punya pacar anak rumahan ato yang punya sodara deket, tidak harus menempuh ketiga cara diatas.

0 komentar: